Rabu, 01 Oktober 2014

Folat

TUGAS BIOKIMIA
“FOLAT”

Nama Kelompok :
1.Anik Mafiroh
2.Dyah yohana
3.Devi Nurvitasari
4.Ummy mahmudah
5.Putri matra ricanaya
Akademi Keperawatan Pemkab.Ngawi
T.A 2013/2014
BAB I
Pendahuluan
1.1 Latar belakang
Asam folat salah satu vitamin, termasuk dalam kelompok vitamin B, merupakan salah satu unsur penting dalam sintesis DNA (deoxyribo nucleic acid). Unsur ini diperlukan sebagai koenzim dalam sintesis pirimidin. Kebutuhan meningkat pada saat terjadi peningkatan pembentukan sel seperti pada kehamilan, keganasan dan bayi prematur. Anemia megaloblastik merupakan manifestasi paling khas untuk defisiensi asam folat, walaupun ternyata defisiensi asam folat dapat menyebabkan kelainan-kelainan yang berat mengenai jaringan non hemopoetik. Kelainan ini bahkan sudah bermanifestasi sebagai kelainan kongenital yaitu neural tube defect (NTD). Defisiensi asam folat juga mengakibatkan peningkatan homosistenin plasma (hiperhomosisteinemia) yang dianggap sebagai salah satu faktor risiko penyakit kardiovaskular berupa aterosklerosis. Mengingat besarnya risiko akibat defisiensi folat, FDA (Food and Drug Administration) menganjurkan fortifikasi folat pada makanan yang banyak dikonsumsi sehari-hari oleh masyarakat seperti susu, dengan upaya menurunkan angka prevalensi defisiensi folat.
 1.2 Rumusan masalah
1.     Bagaimana sejarah folat?
2.     Apa definisi folat ?
3.     Pengaruh Asam Folat Bagi Kesehatan?
4.     Bagaimana sifat kimia dan fisika folat?
5.     Apa saja manfaat folat?
6.     Apa saja Sumber makanan yang mengandung folat ?
7.     Bagaimana dampak kekurangan folat ?
8.     Bagaimana dampak kelebihan folat
BAB II
Pembahasan
2.1 Sejarah.

L.wills seorang dokter dari inggris pada tahun 1930 an meneliti penyebab anemia makrositik di antara pekerja tekstil wanita di bombay.Anemia ini di hubungkan dengan kemiskinan dan makanan yang kurang dalam protein hewani dan sayuran.Anemia ini pada tikus dan monyet dapat di sembuhkan dengan khamiratau extra hati.Dicobakan pada pasien anemia bahan bahan ini ternyata juga dapat menyembuhkan setelah asam folat dapat di sintesis pada tahun 1946 ternyata vitamin ini dapat menyembuhkan anemia makrositik yang banyak terdapat pada masyarakat miskin.
2.2 Definisi Asam Folat (C19H19N7O6)

          Folasin dan folat adalah nama generik sekelompok ikatan yang secara kimiawi dan gizi sama sengan asam folat. Ikatan ikatan ini berperan sebagai koenzim dalam transportasi pecahan pecahan karbon tunggal dalam metabolisme asam amino dan sintesis asam nukleat.
Asam folat merupakan bagian dari vitamin B kompleks yang dapat diisolasi dari daun hijau ( seperti bayam ), buah segar, kulit, hati, ginjal, dan jamur. Asam folat disebut juga dengan folacin/liver lactobacillus cosil factor/factor U dan factor R atau vitamin B11.
Asam folat adalah garam dari folic acid atau pteroyglutamate. Kerja dan pemakaiannya sama dengan folic acid, tetapi garam ini khususnya dipakai melalui parenteral. Kata asam folat berasal dari bahasa latin yang berarti daun.
2.3.Pengaruh Asam Folat Bagi Kesehatan
Vitamin yang larut dalam air ini mempunyai banyak fungsi terutama dalam pembentukan sel di dalam tubuh. Pada anak –anak dan orang dewasa, fungsi asam folat adalah untuk pembentukan sel darah merah, pembentukan sel otak, dan pencegahan anemia. Sedangkan untuk ibu hamil, asam folat sangat penting peranannya karena asam folat akan mencegah terjadinya cacat bayi tabung. Selain itu asam folat juga mencegah terjadinya cacat pada system saraf. Untuk ibu hamil, konsumsi asam folat cukup 0,4 sampai 0,8 mg per hari dan ini akan membuat pengurangan resiko bayi lahir cacat hingga 80 %.
Folic acid penting untuk pembentukan neuclic acid dan inti sel. Kekurangan folic acid menyebabkan sintesa neuclic acid tidak adekuat sehingga menyebabkan anemia megaloblastik    ( anemia pernisiosa ). Folic acid dapat merangsang produksi leukosit yang dipakai sebagai obat likopeni agrositosis. Cadangan folic acid dalam tubuh sangat sedikit, antara 5-10 μg. Dan dalam diet folat bebas batas dari dalam darah antara 2 minggu, dan pertukaran megaloblastik terlihat dalam tulang setelah 20 minggu. Hal ini sangat berbeda dengan cadangan vitamin B12 yang berakhir secara individual sekurang-kurangnya 5 tahun.
Kebutuhan akan folic acis sampai 50-100 μg/hari pada wanita normal dan 300-400 μg/hari pada wanita hamil sedangkan hamil kembar lebih besar lagi. Hamil memerlukan pembelahan sel dalam perkembangan janin dan organ, ibu memerlukan folic acid. Pemberian folic acid biasanya non toxic dimana alergi ( seperti ruam, gatal ) sangat jarang terjadi.
2.4 Sifat kimia dan fisika
Bentuk aktiv folat terdiri atas cincin pteridrin terkait dengan p asam amino benszoat (p amino benzoit acid-paba) yang bersama berbentuk asam pteroad dan asam glutamat.
Istilah asam folat menyatakan pteroil glutamat (PreGlu ) yaitu bentuk monoglutamil vitamin tersebut.Reduksi subtitusi di dalam cincin pteredin menghasilkan 5-metil-H folat ,bentuk vitamin yang bersirkulasi di dalam tubuh.Penambahan hingga tujuh glutamat dalam bentuk kaitan gama-karboksil memacu reaksi reaksi tergantung folat denga cara pembentukan poly glotamil folat ( pteglu) yaitu bentuk utama folt yang terdapat di dalam bahan makanan dan di dalam sel reaksi reaksi ini di bantu oleh vitamin B₁₂
Berbagai bentuk asam folat ini sangat berbeda dalam  ketahannya terhadap panas dan asam.asam folat (folasin) damn asampteroil glutamat adalah kristal kuning yang di golongkan dalam kelompok senyawa pterin (berasaldari kata yunani yang berrarti sayap karena bahan ini terdapat dalam pigmen sayap kupu kupu) sebagai asam bebas. Asam folat tidak larut dalam aur dingin.namun sebagai garam natrium dapat lebih larut.folat terdapat dalam 150 bentuk berbeda.sebagian besar terdapat di dalam makanan dalm bentuk tereduksi yang sifatnya labil dan mudah di reduksi. Sebanyak 50-95% folat bisa hilang karena emasakan dan pengelolaan. Asam folat banyak hilang bila sayuran di simpan pada suhu kamar.
2.5 Manfaat Folat
Manfaat asam folat bagi kesehatan juga telah banyak diketahui oleh masyarakat umum. Karena memang kesadaran akan pentingnya kesehatan telah banyak diketahui serta dipahami oleh masyarakat kita. Dunia kesehatan mengenal istilah asam folat ini juga adalah bagian dari vitamin B9 yang jarang didengar oleh masyarakat tentang jenis vitamin yang satu ini. Dalam dunia medis juga disebut istilah folic acid, folacin. Untuk itulah mari kita belajar bersama mengenai beberapa fungsi kegunaan asam folat itu sendiri. Ada beberapa manfaat asam folat itu sendiri. Diantaranya yaitu untuk dalam kesehatan kehamilan fungsinya untuk mencegah kecacatan janin ketika dilahirkan. Kegunaan lainnya dari folid acid ini adalah membantu tubuh ketika proses metabolisme protein berlangsung, serta turut dalam membangun sel-sel darah merah yang sehat, dan juga membantu menurunkan kadar homocysteine (asam amino yang dapat meningkatkan resiko penyakit jantung Kebutuhan orang dewasa untuk zat asam folat ini adalah berkisar pada angka 400 mikrogram setiap harinya. Dan bagi ibu hamil tentunya kebutuhan asam folat akan bertambah. Karena untuk mencukupi ibu hamil dan juga janinnya itu sendiri. Dan untuk mencukupi akan kebutuhan folid acid ini perlu juga kita mengetahui akan sumber makanan banyak mengandung asam folat diantaranya yaitu banyak terdapat pada sayuran dan buah-buahan.
beberapa manfaat fungsi asam folat yang berguna dalam kesehatan adalah
1.     Untuk Kesehatan Ibu Hamil.
Pada setiap pemeriksaan kesehatan ibu hamil para tenaga kesehatan baik dokter atau pun bidan akan banyak memberikan dan merekomendasikan pemberian asam folat ini karena sangat berguna dalam pencegahan akan kecacatan baik fisik atau pun mental pada bayi yang nantinya akan dilahirkan. Terutama asam folat berfungsi mencegah bayi lahir cacat pada otak dan sumsum tulang belakang. Dosis yang dianjurkan adalah berkisar antara 400 mcg sampai 600 mcg dalam satu harinya. Ini adalah bagian dari manfaat asam folat untuk ibu hamil.

2.Untuk Kesehatan Fungsi Otak.
Kegunaan folid acid ini bagi kesehatan otak adalah membantu dalam proses pengoptimalan fungsi otak itu sendiri. Berfungsi untuk membantu pencegahan depresi pada diri seseorang. Sedangkan pada orang dengan usia lanjut asam folat berperan mencegah terjadinya kepikunan serta penurunan memori ingatan pada otak.
3.Untuk Proses Pembentukan Sel Darah Merah.
Seringkali pada orang dengan gejala tanda anemia setelah dilakukan pemeriksaan oleh Dokter banyak yang mendapatkan obat tambah darah dan salah satunya adalah folid acid ini. Manfaat asam folat dalam pembentukan sel darah merah (eritrosit dan HB hemoglobin).

Eritrosit mempunyai peranan penting bagi tubuh karena bertugas mengambil oksigen pada paru-paru dan mengedarkannya keseluruh tubuh dan juga mengambil karbondioksida pada tubuh untuk dikeluarkan kembali melalui paru-paru. Dengan mengkonsumsi banyak makanan yang mengandung asam folat, maka akan menciptakan serta membantu pembentukan sel darah merah yang baik bagi tubuh
4.Manfaat Pada DNA Tubuh.
Asam folat mempunyai kegunaan serta fungsi dalam rangka perbaikan DNA tubuh kita. Karena resiko timbulnya resiko terkena penyakit kanker akan bisa meningkat bila badan kekurangan asam folat ini. Pada umumnya ketika ada permasalahan pada daerah organ pencernaan kita terutama pada usus besar karena kekurangan zat satu ini akan bisa mengakibatkan timbulnya kanker yang berhubungan dengan saluran pencernaan tentunya.
2.6 Sumber makanan yang mengandung folat
Angka kecukupan folat yang dianjurkan


Golongan umur

AKF*

Golongan umur

AKF*


0-6 bl

65

Wanita:




7-11bl

80

10-12th

300


1-3bl

150

13-15th

400


4-6th

200

16-18 th

400


7-9th

200

19-29th

400






30-49th

400


Pria:



50-64th

400


10-12th

300

≥ 65 th

400


13-15th

400






16-18th

400

Hamil :

+200


19-29th

400






30-49th

400

Menyusui:




50-64th

400

0-6bl

+100


≥65th

400

7-12bl

+100

Sumber : Widyakarya Nasional Pangan dan Gizi ,2004
1.Buah dan sayuran terbaik dengan asam folat tinggi         
Namun untungnya, vitamin ini bisa diperoleh dengan mudah oleh tubuh dari makan banyak jenis sayur dan buah-buahan. Agar tak kekurangan folat demi bayi yang lahir sehat, ibu hamil atau akan hamil sebaiknya mencukupi diet yang sehat dengan makan buah sayur yang banyak mengandung Nutrisi yang juga disebut sebagai vitamin B9 ini. Berikut ini buah dan sayuran yang kaya akan kandungan asam folat:
2.Sayur berdaun Hijau tua
Untuk meningkatkan asupan asam folat, tambahkan sayuran berdaun hijau tua seperti bayam, sawi hijau, kale,  dan selada kedalam diet harian Anda. 1 cangkir bayam mengandung sekitar 263 mcg folat atau 65 % dari kebutuhan perhari. 1 cangkir sawi hijau 177 mcg atau sekitar ( 44 %).
3.Asparagus
Makan hanya satu cangkir asparagus yang direbus akan memberikan 262 mcg folat, yang akan menyumbang sekitar 65 % dari kebutuhan harian Anda. Kandungan yang sama nutrisi ini ada pada bayam. Tidak hanya folat, asparagus juga kaya nutrisi lain yang sangat dibutuhkan tubuh, seperti vitamin K, vitamin C, vitamin A, dan Mangan.
5.Brokoli
Brokoli adalah salah satu jenis sayuran yang juga dikenal akan khasiatnya sebagai pendetox alami. Tak hanya itu, brokoli juga merupakan sumber asam folat yang baik. Hanya satu cangkir brokoli sudah memberikan Anda sekitar 24 % dari kebutuhan harian, belum lagi ditambah lagi dengan berbagai macam nutrisi penting lainnya. Direkomendasikan agar makan brokoli mentah organik, atau yang dikukus setengah matang.
6.Buah jeruk
Buah jeruk adalah golongan buah yang mengandung asam folat tertinggi. Satu buah jeruk memberikan sekitar 50 mcg asam folat, dan segelas besar jus jeruk mungkin akan memberikan lebih banyak. Buah-buahan lainnya yang termasuk adalah buah pepaya, anggur, pisang, melon dan stroberi. Berikut adalah daftar singkat dari buah-buahan tinggi nutrisi esensial ini.
Satu buah pepaya = 115 mcg  ( 29 % total kebutuhan harian)
Satu buah jeruk = 40 mcg ( 10 % total kebutuhan harian)
Satu jeruk bali = 30 mcg  (8 % total kebutuhan harian)
1 cangkir Stroberi = 25 mcg (6,5 total kebutuhan harian)
1 cangkir Raspberry  = 14 mcg (4 % total kebutuhan harian)
7.Kacang-Kacangan
Buncis dan kacang polong adalah kacang-kacangan adalah makanan dari jenis kacang-kacangan yang tinggi akan senyawa ini. Kacang lainnya termasuk kacang pinto, kacang lima, kacang hijau, dan kacang merah. Hanya Semangkuk kecil dari setiap jenis kacang sudah bisa memberikan sebagian besar jumlah asupan harian asam folat yang direkomendasikan.
8.Alpukat
Buah alpukat yang lembut dan lezat ini mengandung hingga 90mcg folat per-cangkirnya, yaitu sudah menyumbang sekitar 22% dar kebutuhan harian. Tidak hanya itu, buah alpukat juga merupakan sumber yang baik lemak, vitamin K dan serat.
9.Kecambah
Kecambah mungkin bukan jenis sayuran favorit Anda. Namun ia adalah termasuk salah satu makanan yang Anda perlukan untuk memperoleh folat. Makan satu cangkir kecambah yang direbus akan memberikan sekitar 25% dari jumlah harian yang direkomendasikan. Selain itu kecambah juga tinggi vitamin C , vitamin E, vitamin K , vitamin A , mangan dan kalium.
10.Biji-bijian
Semua biji-bijian, seperti biji labu, wijen, biji bunga matahari, biji rami, mengandung folat dengan jumlah yang sehat. Namun yang paling banyak adalah Biji bunga matahari dan biji rami, yaitu satu cangkirnya bisa memberikan hingga 300 mcg. Pada peringkat kedua tertinggi senyawa asam ini adalah Kacang almond.
¼ cangkir biji bunga matahari = 82 mcg  (21% total kebutuhan harian)
¼ cangkir kacang = 88 mcg (22 % total kebutuhan harian)
2 sdm biji rami = 54 mcg (14 % total kebutuhan harian)
1 cangkir Almond  = 46 mcg ; makan (12 % total kebutuhan harian)
11.Bungkul
Bungkul atau bunga kol dianggap sebagai salah satu makanan terbaik yang mengandung vitamin C, tserta juga merupakan sumber asam folat. Makan hanya satu cangkir bungkul akan memberikan sekitar 55 mcg folat, atau 14 % dari nilai kebutuhan harian yang direkomendasikan.
12.Bit
Bit adalah sumber antioksidan yang sangat baik, dan juga membantu detoxsifikasi tubuh. Sementara itu bit juga dikenal sebagai salah satu makanan sumber asam folat terbaik. Satu cangkir bit rebus  menyediakan sekitar 136 mcg , atau 34 % dari kebutuhan harian Anda.
 13.Labu
Labu mungkin bukanlah sayuran yang  populer dalam keluarga Anda, tetapi tidak ada yang menyangkal akan manfaat gizi dari labu. Labu adalah sayuran yang akan menyumbang kebutuhan total folat harian Anda sekitar 14%. 1 cangkir labu mengandung sekitar 57 mcg. Sementara itu, biji labu(kwaci) juga dikenal sebagai makanan terbaik sumber serat, omega 3, dan mineral penting lainnya.
14.Jagung
Jagung juga telah populer mengandung vitamin ini. Hanya satu cangkir jagung dimasak sudah akan memberikan sekitar 76 mcg, atau hampir 20 % dari kebutuhan harian Anda. Disarankan memilih sayuran organik segar, untuk sumber terbaik nutrisi ini.
15.Wortel dan tomat
Wortel merupakan sayuran yang sangat populer akan kandungan vitamin A-nya. Selain itu wortel juga mengandung sekitar hampir 5 % dari kebutuhan harian asam folat Anda. Makan wortel yang di jus, atau dicampur salad akan membantu untuk meningkatkan kebutuhan Anda. Tomat selain mengandung tinggi serat dan vitamin C, ia juga kaya akan asam folat. 1 cangkir jus tomat akan memberikan sekitar 49 mcg .
2.7.Penyebab Kekurangan Folic Acid Dalam Tubuh
1.     Diet rendah folat , bisa disebabkan oleh mutu makanan, jenis makanan, dan penyediaan makanan.
2.     Sakit berat, gangguan gastro intestinal dan antibiotic oral menyebabkan gangguan absorbsi asam folat dalam usus.
3.     Kekurangan vitamin C, penyakit hepar menyebabkan cadangan energy berkurang.
4.     Muntah pada ibu hamil, terutama hamil kembar menyebabkan kebutuhan akan folic acid meningakt
5.     Anemia hemolitik seperti pada malaria,menyebabkan terjadinya eritropoisis dan perkisaran berlebih dari sel darah merah sehingga permintaan folic acid meningkat defisiensi didalam haemoglobinopati
6.     Pemakainan obat-obatan antikonvulsan, alcohol, dan pada ibu dengan preeklamsi-eklamsi.
Gejala Kekurangan Asam Folat Dalam Tubuh
a) Gejala Klinis
·       Tanda-tanda gejala utama : lesu, lemas, susah bernafas, oedem, nafsu makan menurun, depresi, dan mual.
·       Kadang-kadang pucat, glositis, dan diare.
·       Pada kasus yang berat dijumpai seperti kasus malnutrisi.
b) Gejala Laboratorium
·       Gejala pernisiosa anemia murni (kekurangan vitamin B12), jarang terjadi.
·       Pada yang berat,Hb rendah :4-6 gm/100 ml.
·       Eritrosit : 2 juta/ mm3, bisa terjadi leukopeni/trombositopeni.
·       Leukosit perifer dominant bentuk segmen.
·       Pemeriksaan figlu test positif, terutama pada ibu hamil.
·       Sumsum tulang hiperplastik/megaplastik (aspirasi sumsum tulang Krista iliaka) pada ibu hamil.
·       Hitung jenis bergeser kekanan, sel darah merah dalam bentuk makrositosis dan poikilositosis.
Komplikasi kekurangan Asam Folat
·       Infeksi sekunder, pendarahan, kematian janin rahim, dan kematian ibu.
·       Gangguan plasenta, abortus habitualis, solusio plasenta, dan kelainan congenital janin (neural tube defect).
·       Neural tube defect (NTD) merupakan kelainan bawaan pada otak, tulang  kepala, dan sumsum tulang belakang. Kelainan bawaan ini disebabkan oleh gangguan pembentukan saluran saraf pusat pada periode organogenesis yaitu trisemester pertama kehamilan terutama 28 hari pascakonsepsi. NTD yang dimaksud disini adalah “isolated NTD”, yaitu hanya NTD yang merupakan kelainan bawaan tanpa disertai kelainan lain. Berdasarkan penelitian “isolated NTD” ini dapat dicegah frekuensinya dengan pemberian asam folat (folate preventable NTD).
·       Angka kejadian NTD berkisar antara 1,3-2 per 1000 bayi hidup di USA. Di Negara ini NTD merupakan kelainan jantung bawaan dan sebagai penyebab utama kematian bayi baru lahir atau cacat tubuh berat. Untuk menghindari terjadinya NTD pemberian asam folat diberikan pada masa perikonsepsi satu bulan sebelum konsepsi dan satu bulan post konsepsi, karena neural tube manusia menutup pada minggu ketiga post konsepsi.
Penyakit kekurangan Folat
1.Anencephaly
Apa itu anencephaly? Yaitu kelainan dimana otak tidak terbentuk. Ini terjadi pada bayi. Karena bayi yang lahir dengan kelainan otak tidak terbentuk secara normal diakibatkan saat kehamilan sang ibu, asam folat tidak diasup secara benar dan tepat. Kekurangan vitamin B9 inilah akibatnya yang terjadi. Bahkan vitamin B9 ini menurut penelitian setidaknya dikonsumsi 1 bulan sebelum kehamilan. Anencephaly biasanya ditandai dengan tengkorak kepala bayi tidak berkembang maksimal. Sehingga setelah lahir, kepala bayi akan membesar terisi cairan otak dalam beberapa hari. Untuk itu penting mengkonsumsi asam folat di bulan-bulan pertama kehamilan seorang ibu.
2.Spina Bifida
Apa itu spina bifida? Yaitu sumbing tulang belakang. Saat bayi dalam kandungan, bayi mengalami perkembangan dalam tumbuh kembangnya. Saat ibu hamil kekurangan vitamin B9 maka pelindung bayi saat di dalam perut ibunya tidak akan membentuk tulang belakang yang melindungi sumsum tulang belakang secara tepat. Karena vitamin B9 inilah diantarkan melalui plasenta ketika sang ibu mengkonsumsi makanan yang mengandung asam folat. Setelah lahir, jika terjadi spina bifida, maka bayi akan tumbuh dan berkembang dengan kecacatan yang ada baik fisik maupun mentalnya. Perlu perhatian khusus tentang konsumsi vitamin B9 ini pada ibu hamil sehingga mengkonsultasikan ke dokter itu penting sekali. Tentu untuk pengambilan suplemen vitamin demi tumbuh kembang janin bayi yang optimal nantinya.
3.Anemia
Saat tubuh kekurangan asam folat, ternyata gejala yang timbul atau akibat yang bisa terjadi adalah anemia. Kekurangan vitamin B9 dapat membuat kurangnya produksi sel darah merah. Saat sel darah merah berkurang dalam aliran darah, maka pasokan oksigen pun bisa berkurang. Sehingga dengan cepat efeknya akan terasa pada tubuh. Seperti sakit kepala, kelelahan, kulit memucat, kosentrasi menurun, aktifitas harian menjadi lesu, hingga gejala sariawan bisa terjadi. Anemia bisa terjadi lebih buruk dan menimbulkan hipotensi atau tekanan darah rendah. Untuk itu konsultasikan segera ke dokter jika anemia Anda terjadi berlarut-larut.
4.Diare
Diare adalah masalah penyakit yang cukup menyebalkan. Karena kekurangan asam folat dapat menyebabkan sakit maag dan penyakit diusus lainnya. Sehingga dapat mengakibatkan diare. Diare sendiri berarti membuang air besar lebih banyak dari biasanya dan biasanya mengandung lebih banyak air. Ini disebabkan asam folat yang mengoptimalkan kerja usus tidak dapat terjadi. Seperti penyerapan air dalam usus besar tidak terjadi. Sehingga penderita diare bisa mengalami dehidrasi akut. Jika ini menyerang pada bayi, bisa menyebabkan kematian karena kekurangan cairan dalam tubuhnya. Perlunya mencegah diare tentu dengan pencegahan yang sudah ada namun perlu juga untuk mengkonsumsi vitamin B9 ini agar tubuh tetap prima.
5.Sariawan
Apa itu sariawan? Sariawan adalah penyakit yang menyerang mulut atau kelainan pada mulut karena selaput lendir mengalami luka yang berbentuk putih kekuningan pada permukaannya dan berbentuk benjolan. Jika terserang sariawan, tentu segala aktivitas yang berupa makan dan minum sangat amat terganggu. Kekurangan asam folat dapat menyebabkan sariawan. Walaupun banyak yang mengira bahwa sariawan terjadi karena tubuh kekurangan vitamin C. Ternyata kekurangan asam folat pun dapat memicu sariawan ini. Konsumsi rutin vitamin B kompleks dapat meredakan sariawan, karena sariawan akan hilang pada mulut setidaknya dalam jangka waktu 7 sampai 14 hari.
6.Lidah Bengkak
Lidah bengkak ini mirip dengan gejala pada sariawan saat tubuh mengalami kekurangan vitamin B9. Lidah bengkak biasanya berwarna keputihan atau mengungu. Lidah yang bengkak mengalami gejala adanya fungsi lidah yang terganggu, tidak mampu merasakan rasa pada umumnya. Atau lidah menjadi kasar dan pecah-pecah sehingga bagian tenggorokan pun terasa sakit untuk menelan. Hal ini terjadi saat asam folat kurang dikonsumsi sehingga metabolisme tubuh untuk menjaga fungsi tubuh yang sering digunakan seperti lidah tidak dapat terjadi. Bisa juga lidah bengkak ini disertai dengan sariawan. Bisa menjangkiti pada siapa saja, baik usia muda atau dewasa.
7.Bayi Lahir Cacat
Suplemen yang dikonsumsi dalam kehamilan tentu harus tepat dan cocok. Untuk itu mencegah bayi lahir cacat. Karena jika asam folat tidak terpenuhi dengan tepat, maka bayi lahir cacat akan banyak sekali kasusnya. Pemenuhan asam folat ini bisa alami ataupun sintesis. Wanita yang hamil lebih baik mengkonsumsi asam folat sebanyak 200 mcg sampai 400 mcg perhari. Jika ragu, konsultasikan lagi ke dokter kandungan Anda agar dosis asam folat yang Anda konsumsi tidak berlebihan atau kekurangan.
Pengobatan
·       Profilaksis : kekurangan asam folat ringan diberikan folat oral 300-400 μg/hari, disertai pemberian vitamin  dan diet tinggi protein. Di Amerika Serikat dianjurkan setiap produk makanan diberikan asam folat didalamnya.
·       Kuratif diberikan pada folic acid anemia yang ringan secara oral 500-1000 gr/hari. Pada kasus yang lebih berat harus diberikan secara parenteral karena absorbs folic acid terganggu akibat kerusakan pada usus. Jika terjadi pada akhir kehamilan, maka tranfusi darah dibutuhkan.
·       Untuk wanita yang mempunyai riwayat melahirkan bayi dengan NTD, diberikan folic acis 4 mg per hari selama kehamilan
2.8 Gejala Kelebihan Vitamin B9 Asam Folat
Lalu bagaimana gejala kelebihan vitamin B9 ini? Pertama seperti gejala kejang, insomnia, dan ruam adalah gejala primer dari kelebihan asam folat. Untuk overdosis vitamin B9 pada sumber makanan alami tidaklah mungkin, namun bisa terjadi dengan penggunaan suplemen. Selain itu ada juga gejala sekunder. Dimana kelebihan vitamin B9 terkait erat dengan gejala defisiensi vitamin B12. Seperti saat mengkonsumsi sampai diatas 1000 mcg asam folat, maka tubuh akan mengalami kekurangan vitamin B12. Jika hal ini dibiarkan, menurut penelitian, sistem saraf tubuh bisa rusak karena tidak tercukupinya vitamin B12. Saraf yang rusak menyebabkan mati rasa dan kesemutan. Sehingga cukup berbahaya jika dikonsumsi berlebihan asam folat ini.
Dosis yang Dianjurkan
Lalu bagaimanakah dosis yang dianjurkan seharusnya? dosis yang dianjurkan atau RDA untuk masyarakat dan keluarga adalah sebagai berikut ini.
  • Balita membutuhkan vitamin B9 150 mcg setiap hari
  • Anak-anak 4-8 tahun membutuhkan vitamin B9 200 mcg setiap hari
  • Anak 9-13 tahun membutuhkan vitamin B9 300 mcg setiap hari
  • Remaja dan dewasa membutuhkan vitamin B9 400 mcg setiap hari
  • Ibu hamil membutuhkan vitamin B9 600 mcg setiap hari
  • Ibu menyusui membutuhkan vitamin B9 500 mcg setiap hari
Diperhatikan bahwa anjuran setiap hari itu mungkin tidak terpenuhi secara lengkap, namun setidaknya Anda bisa menghitung dan mengukur sendiri kebutuhan vitamin B9 Anda. Jika perlu Anda bisa berkonsultasi ke dokter.
Mencegah Overdosis Asam Folat
Bagaimana cara tepat mencegah overdosis asam folat? Mudah saja. Anda cukup memvariasikan makanan Anda sehari-hari dengan konsumsi vitamin B9 dengan sumber alami. Kemudian dengan konsumsi makanan alami yang mengandung vitamin b9, Anda akan mencukupi kebutuhan harian vitamin B9 Anda tanpa overdosis. Karena hal yang tidak mungkin Anda overdosis vitamin jika mengkonsumsi makanan alami. Cobalah mengkonsumsi jus jeruk, bayam, dan sereal dan beragam sumber makanan asam folat lainnya. Jika pun Anda mengambil suplemen, disarankan untuk mengambil suplemen multivitamin daripada hanya mengambil suplemen yang mengandung asam folat saja. Karena dalam suplemen multivitamin, tidak hanya satu dua jenis vitamin saja yang ada. Namun banyak dan dibuat secara sintetis untuk memenuhi kebutuhan vitamin harian Anda.
Salah satu tips termudah juga untuk mengkonsumsi suplemen bervitamin yaitu, konsumsilah dalam interval tidak setiap hari. Anda bisa mengkonsumsi vitamin B9 itu 3 hari sekali atau 4 hari sekali. Karena dosis yang cukup besar, tubuh tentu tidak siap menerima semuanya. Belum lagi untuk beberapa vitamin adalah larut dalam air, sehingga dosis berlebihnya akan dikeluarkan melalui urin. Sedangkan yang tidak larut dalam air bisa disimpan dalam tubuh namun tidak juga berlebihan karena dapat mengakibatkan beban kerja organ dalam seperti hati dan ginjal menjadi berat.
BAB III
Kesimpulan
Asam folat merupakan bagian dari vitamin B kompleks yang dapat diisolasi dari daun hijau ( seperti bayam ), buah segar, kulit, hati, ginjal, dan jamur. Asam folat disebut juga dengan folacin/liver lactobacillus cosil factor/factor U dan factor R atau vitamin B11.
Asam folat adalah garam dari folic acid atau pteroyglutamate. Kerja dan pemakaiannya sama dengan folic acid, tetapi garam ini khususnya dipakai melalui parenteral. Kata asam folat berasal dari bahasa latin yang berarti daun.
Bentuk aktiv folat terdiri atas cincin pteridrin terkait dengan p asam amino benszoat (p amino benzoit acid-paba) yang bersama berbentuk asam pteroad dan asam glutamat.
Manfaat:
o   Untuk Kesehatan Ibu Hamil.
o   Untuk Kesehatan Fungsi Otak.
o   Untuk pembentukan sel darah merah
o   Memperbaiki DNA tubuh
Sumber folat:
     Sayur berdaun Hijau tua
o   Asparagus
o   Brokoli
o   Buah jeruk
o   Bit
o   Tomat
o   Kacang kacangan
o   Jagung
Penyebab Kekurangan Folic Acid Dalam Tubuh
1.     Diet rendah folat , bisa disebabkan oleh mutu makanan, jenis makanan, dan penyediaan makanan.
2.     Sakit berat, gangguan gastro intestinal dan antibiotic oral menyebabkan gangguan absorbsi asam folat dalam usus.
3.     Kekurangan vitamin C, penyakit hepar menyebabkan cadangan energy berkurang.
4.     Muntah pada ibu hamil, terutama hamil kembar menyebabkan kebutuhan akan folic acid meningakt
5.     Anemia hemolitik seperti pada malaria,menyebabkan terjadinya eritropoisis dan perkisaran berlebih dari sel darah merah sehingga permintaan folic acid meningkat defisiensi didalam haemoglobinopati
6.     Pemakainan obat-obatan antikonvulsan, alcohol, dan pada ibu dengan preeklamsi-eklamsi.
Komplikasi kekurangan Asam Folat
·       Infeksi sekunder, pendarahan, kematian janin rahim, dan kematian ibu.
·       Gangguan plasenta, abortus habitualis, solusio plasenta, dan kelainan congenital janin (neural tube defect).
·       Neural tube defect (NTD)
Penyakit kekurangan Folat
·       1.Anencephaly
·       2.Spina Bifida
·       3.Anemia
·       4.Diare
·       5.Sariawan
·       6.Lidah Bengkak
·       Gejala Kelebihan Vitamin B9 Asam Folat
Kelebihan asam folat:
·       Kejang
·        Insomnia
·       dan ruam adalah gejala primer dari kelebihan asam folat.
Daftar Pustaka
Almatsier,Sunita.2010.Prinsip Dasar Ilmu Gizi.Gramedia.Jakarta

Tidak ada komentar:

Posting Komentar