Rabu, 01 Oktober 2014

Mangan (Mn)

TUGAS BIOKIMIA TENTANG
MANGAN (Mn)
Nama Kelompok :
1.Deby arjian
2.Dyah Yohana
3.Sis Rahayu
4.Puput Widarto
5.Yudho Wahyu
Dosen Mata Kuliah : Edy Prawoto,M.kep
Akademi Keperawatan Pemkab.Ngawi
T.A 2013/2014
Bab 1
Pendahuluan
A.Latar Belakang
Mangan adalah suatu unsur kimia yang mempunyai nomor atom 25 dan memiliki symbol Mn. Mangan termasuk golongan transisi . Memiliki titik lebur yang tinggi kira-kira 1250 °C. Ia bereaksi dengan air hangat membentuk mangan (II) hidroksida dan hidrogen. Mangan cukup elektropositif, dan mudah melarut dalam asam bukan pengoksidasi. Selain titik cairnya yang tinggi, daya hantar listrik merupakan sifat-sifat mangan yang lainnya. Selain itu, mangan memiliki kekerasan yang sedang akibat dari cepat tersedianya elektron dan orbital untuk membentuk ikatan logam.
 Mangan adalah mineral alami dalam tubuh kita dalam jumlah yang sangat kecil, dan sebenarnya merupakan senyawa enzim oksida dismutase yang super. Mangan juga merupakan zat antioksidan kuat yang akan mengelurakan radikal bebas dari dalam tubuh manusia.
Didalam Tubuh kita kemungkinan paling banyak terdapat 20 mg mangan, yang terkonsentrasi di ginjal, pankreas, hati dan tulang. Mangan juga sangat penting untuk fungsi normal otak dan aktivitas normal sistem saraf kita seluruh tubuh. Sejauh ini penelitian bisa mengatakan jika mineral ini merupakan mineral penting bagi setiap bentuk kehidupan.
B.RUMUSAN MASALAH
1.     Apa yang dimaksut dengan mangan (Mn)?
2.     Sumber makanan apa saja yang mengandung mangan (Mn)?
3.     Apa saja fungsi mangan (Mn) bagi tubuh ?
4.     Jika kekurangan mangan (Mn) apa dampaknya bagi tubuh ?
5.     Jika kelebihan mangan(Mn) apa dampaknya bagi tubuh?
Bab II
A.Pengertian mangan (Mn)
Mangan (Mn) adalah termasuk unsur renik atau unsur trace elemen yang terdapat sedikit dalam tubuh,selain Kromium, Kobalt, Tembaga, Yodium, Besi, Molybdenum, Selenium, dan Seng. Mangan adalah suatu unsur kimia yang mempunyai nomor atom 25 dan memiliki symbol Mn. Mangan termasuk golongan transisi. Mangan juga termasuk kofaktor (Kofaktor merupakan kesatuan yang membantu kerja enzim dan terdiri dari 2 tipe ,tipe pertama tersusun dari ion ion semacam Zn ,Mn, Cu dll tipe yang kedua adalah ko-enzim ) untuk beberapa enzim.Mangan terkonsentrasi dalam hati dan ginjal terutama di mitokondrianya.
Mangan juga suatu logam rapuh berwarna kelabu keputihan yang terdapat dalam delapan bentuk oksida. MnO2 adalah bentuk yang paling stabil, Mangan tidak larut dalam air. Bentuk yang terpenting adalah oksida, karbonat dan silikat mangan. Yang paling umum mangan dioksidasi (pirolusit) yang biasanya ditambang dengan teknik terbuka.
B.Sumber makanan yang mengandung mangan (Mn)
Sumber mangan (Mn) pada bahan makanan terdapat pada Sayuran berdaun hijau, Ikan,  Pada buah-buahan terdapat pada blackberry, rashberry, anggur, strawberry, nanas, produk susu,bayam, teh dan berbagai jenis herbal. Kadar Mn tinggi terdapat pada biji-bijian, kedelai, telur, kacang-kacangan, beras, oats, daging warna merah, legum, kecambah, buah, beberapa jenis rempah-rempah. Makanan yang mengandung mangan rendah adalah biji-bijian yang disosoh
Kandungan nutrisi dalam buah blackberry,rashberry,strawberry /100gram :
Vitamin C, asam askorbat 21 mg total - 35%
Vitamin A, IU 214 IU - 4%
Vitamin K, mg 20 mg - 25%
Asam folat, mg 36 mg - 9%
Energi 43 kkal
Fiber, total diet 5,3 g - 21%
Gula, total 4,9 g
Kalsium, Ca 29 mg - 3%
Magnesium, Mg 20 mg - 5%
Mangan, Mn 0,6 mg - 32%
Tembaga, Cu 0,2 mg - 8%
Kalium, K 162 mg - 5%
Sodium, Na 1 mg - 0%
Peringatan :
Mangan adalah salah satu dari tiga mineral yang bisa beracun dalam tubuh manusia, yang artinya kita tidak bisa terlalu sedikit atau terlalu banyak. Pastikan untuk tidak berlebihan mengkonsumsi suplemen mangan, karena dapat menyebabkan berbagai macam kondisi yang sangat berbahaya, beberapa di antaranya bahkan fatal. Kelebihan mangan dapat menyebabkan gejala yang mirip dengan penyakit Parkinson, atau menderita penyakit itu sendiri. Juga, bagi orang dengan kondisi liver harus berhati-hati untuk tidak terlalu banyak mangan, karena hati akan mengalami kesulitan untuk membuangnya, yang dapat menyebabkan psikosis, gangguan mental, dan tremor/kekejangan. Jika Anda dengan anemia, maka tubuh Anda akan mencoba untuk menyerap mangan sebanyak mungkin, sehingga juga bisa berbahaya. Jadi pantau asupan mangan Anda dengan cermat.
C.Fungsi mangan (Mn) di bagian tubuh manusia
Mangan tersebar di seluruh jaringan tubuh. Konsentrasi mangan tertinggi terdapat di hati, kelenjar tiroid, pituitary (kelenjar endokrin yang kira-kira sebesar kacang yang terletak di dasar tulang tengkorak dan di bawah otak), pankreas, ginjal, dan tulang. Jumlah pemasukan harian sampai saat ini belum dapat ditentukan secara pasti, meskipun demikian, beberapa penelitian menunjukan bahwa jumlah minimal sekitar 2,5 hingga 7mg mangan per hari dapat mencukupi kebutuhan manusia. Mangan juga disebut sebagai mineral otak, yang penting dalam penggerakan semua fungsi mental. Mangan menunjang memori otak dan fungsi saraf lainnya. Walau hanya ditemukan sedikit dalam tubuh, tapi menunjang daya tahan tubuh. Mangan meningkatkan ketahanan tubuh, dan memperkuat otot, jaringan, dan kerangka organ.
Bila tubuh manusia tidak disuplai dengan mangan, berbagai jaringan, sel, saraf akan menjadi rapuh. Mangan membangun molekul yang dikenal sebagai Mukopolisakarida yang berguna untuk membentuk tulang dan organ tubuh, yang pembentukannya bersama dilakukan oleh Ca, Mg dan mineral penguat tulang lainnya. Mukopolisakarida adalah rantaian panjang gula yang membentuk karbohidrat kompleks . Bersama – sama dengan protein dan lipid , ia membentuk bahan seperti agar-agar yang tertanam di antara kulit, tulang , tulang rawan , dan sel-sel tisu perantara .
Mangan juga berperan dalam pertumbuhan rambut dan kuku, dan membantu menghasilkan enzim untuk metabolisme tubuh untuk mengubah karbohidrat dan protein membentuk energi yang akan digunakan.
Mangan merupakan salah satu mineral yang digunakan oleh beberapa orang untuk membantu mencegah keropos tulang dan mengurangi gejala yang mengganggu terkait dengansindrom pramenstruasi (PMS)
1.Memperkuat Tulang
Mineral mangan bermanfaat membantu pertumbuhan tulang yang sehat dan padat. Sebagian besar mangan di dalam tubuh kita terdapat dalam struktur tulang.kandungan mangan yang terdapat di buah nanas
dapat membantu menjaga kesehatan tulang dan memperkuat jaringan ikat. University of Maryland Medical Center mengatakan bahwa mangan juga berperan dalam metabolisme lemak dan karbohidrat, membantu penyerapan kalsium, dan mengatur gula darah. Proses penyembuhan luka dengan cepat, mampu diberikan oleh mineral mangan, ini adalah dampak dari pembentukan kolagen dalam jumlah yang banyak.
2.Melindungi Sel terhadap Kerusakan Radikal Bebas
Radikal bebas yang berlebihan di dalam tubuh sangat reaktif dan dapat menyerang sel-sel tubuh dan menyebabkan kerusakan radikal bebas. Mineral mangan diketahui memiliki sifat antioksidan yang dapat menangkal reaktivitas radikal bebas di dalam tubuh.
3.Membantu Aktivasi Enzim
Sebagian nutrisi memerlukan peran enzim-enzim tertentu agar dapat digunakan oleh tubuh kita. Tubuh kita menggunakan mineral mangan sebagai aktivator enzim-enzim yang membantu penggunaan beberapa nutrisi penting seperti thiamin, biotin, kolin, dan asam askorbat.
4.Membantu Metabolisma
Salah satu peran penting mineral mangan bagi tubuh kita adalah membantu metabolisma vitamin E dan vitamin B1. Mineral mangan juga membantu mengaktifkan sejumlah enzim yang terlibat dalam metabolisma karbohidrat, asam amino, dan kolesterol.
1. Pada metabolisme protein, Mn mengaktifkan interkonversi asam amino dengan enzim spesifik seperti arginase, prolinase, dipeptidase.
2. Pada metabolism karbohidrat, Mn berperan aktif dalam beberapa reaksi konversi pada oksidasiglukosa dan sintesis oligosakharida.
3. Pada metabolisme lemak, Mn berperan sebagai kofaktor dalam sintesis asam lemak rantai panjang dan kolesterol. metabolisme energi & sintesis lemak
5.Mengendalikan Kadar Glukosa Darah
Mencukupi kebutuhan asupan mineral mangan dari makanan alami bermanfaat membantu mempertahankan kadar glukosa darah yang normal karena mineral mangan turut membantu tubuh mengendalikan kadar glukosa darah.
6.Menjaga Kesehatan Syaraf
Tubuh kita membutuhkan mineral mangan untuk membantu menjaga kesehatan sistem syaraf. Mineral mangan diketahui berperan membantu fungsi koordinasi antara otak, syaraf, dan otot.
7.Membantu Fungsi Kelenjar Tiroid
Mineral mangan juga bermanfaat menjaga kesehatan kelenjar tiroid (kelenjar gondok). Mineral mangan diketahui turut berperan dalam membantu fungsi kelenjar tiroid. Kelenjar
8. Saluran Pencernaan
 Mangan adalah mineral yang membantu menjaga fungsi pencernaan. Hal ini akan semakin meningkatkan penyerapan lemak selama proses pencernaan, dan juga mengurangi masalah-masalah seperti sembelit dan rasa ketidaknyamanan pada usus. digunakan .
tiroid adalah kelenjar yang memproduksi hormon tiroksin yang dikenal sangat penting bagi metabolima tubuh.
D.Dampak kekurangan mangan (Mn) bagi tubuh
Kekurangan mangan (Mn) dalam tubuh dalam jumlah kecil terbukti mempengaruhi kemunculan serta tingkat keparahan skoliosis idiopatik. Insiden tertinggi pada skoliosis idiopatik terjadi pada masa lonjakan pertumbuhan yang berkorelasi dengan meningkatan unsur mangan.
Beresiko terkena diabetesosteoporosis, rematik dan kolesterol tinggi.
1. Osteoporosis
Mangan banyak terdapat pada tulang dan kelenjar buntu (endokrin) mangan diperlukan untuk struktur tulang jika tubuh kekurangan mangan akan timbul gangguan pembentukan tulang,kekurangan mangan dalam makanan diduga karena proses pertanian dan pengolahan makanan yang banyak menggunakan pestisida,herbisisda,bahan pengawet dan pewarna dapat mengurangi kandungan mangan pada makanan
Selain itu suplemen yang mengandung kalsium dan magnesium bisa mengganggu penyerapan mangan
2. diabetes
Mangan sangat berperan aktiv dalam reaksi konversi pada oksidasiglukosa dan sintesis oligosakharida.jika kekurangan mangan metabolisme karbohidrat akan terganggu  sehingga pemecahan karbohidrat dari gula kompleks ke gula sederhana tidak bisa berfungsi dengan baik sehingga kadar glukosa dalam darah akan meningkat. Mangan juga telah menunjukkan efisiensinya mengendalikan tingkat gula dalam darah. Hal ini lebih lanjut dapat mencegah terjadinya penyakit tertentu seperti diabetes. Untuk mengontrol tingkat gula dalam darah, mangan bekerja dengan menormalkan sintesis dan sekresi insulin.
3 Epilepsi
 Rendahnya tingkat mangan bisa memicu serangan epilepsi. Suplemen mangan dapat membantu mengendalikan kemungkinan terjadinya kejang epilepsi. Mekanisme yang tepat untuk ini tidak sepenuhnya dipahami, akan tetapi mangan telah ditunjukkan sebagai vasodilator dalam berbagai penelitian. Beberapa peneliti percaya bahwa ini adalah adalah kunci untuk kualitas anti epilepsi.
4.Peradangan dan Terkilir
Mangan adalah obat yangbanyak dikenal untuk membantu mempercepat kesembuhan keseleo serta peradangan,  karena membantu meningkatkan tingkat superoksida dismutase. Peningkatan ini disebabkan oleh sifat antioksidan. Superoksida dismutase, juga dikenal sebagai SOD, biasanya ditemukan dengan jumlah kadar yang sangat rendah pada pasien arthritis(rematik). SOD memiliki kualitas anti  inflamasi, dimana yang sangat dibutuhkan penderita arthritis. Menurut bebrbagai penelitian, menambahkan asupan mangan akan meningkatkan sintesis dan fungsi SOD yang terhubung dengan penurunan gejala kondisi ini.
iklan
5.sindrom pramenstruasi
Fakta yang tidak dapat dihindari bahwa banyak wanita yang menderita sindrom pramenstruasi (PMS). Dalam situasi in, mangan dapat membantu untuk meringankan perubahan suasana hati, sakit kepala, depresi dan perasaan mudah tersinggung hingga batas tertentu. Penelitian telah menunjukkan kaitannya antara rendahnya berbagai mineral, termasuk mangan pada wanita yang menderita gejala PMS sangat parah, sehingga dianjurkan untuk minum suplemen. Dampak mangan pada fungsi hormonal tubuh bisa sangat terlihat, sehingga berkonsultasilah dengan dokter sebelum menggunakan suplemen mangan untuk PMS.
Gejala Kekurangan Mangan
Gejala-gejala defisit termasuk tekanan darah tinggi, penyakit jantung, kedutan, kram, kelainan tulang, kolesterol tinggi, penglihatan yang buruk, kesulitan mendengar, kehilangan memori yang parah, kedinginan dan tremor. Meskipun beberapa ahli medis berpendapat jika kasus kekurangan mangan cukup langka, namun lebih dari 35 % populasi dunia diperkirakan kekurangan mineral ini. Kebiasaan makan yang buruk adalah penyebab utamanya.
E.Kelebihan mangan pada tubuh
Menyebabkan kadar besi dalam tubuh menurun sehingga meningkatkan resiko terkena anemia, gangguan kulit, jantung, hati, pembuluh darah dan kerusakan otak. Selain itu, mangan yang berlebihan dapat mencegah penyerapan zat tembaga untuk tubuh.
Keracunan karena kelebihan mangan terjadi karena lingkungan terkontaminasi oleh mangan. Pekerja tambang mengisap mangan yang ada pada debu tambang untuk jangka waktu lama, menunjukkan gejala kelainan otak disertai penampilan dan tingkah laku normal yang menyerupai penyakit parkinson.
BAB III
KESIMPULAN
            Mangan sebagai unsur kimia yang masuk ke dalam tubuh sangat berguna bagi metabolisme tubuh. Dimana mangan yang terbawa oleh sumber makanan yang mengandung mangan akan menyuplai kegiatan-kegiatan dalam pertumbahan tulang, kinerja otak, hati, pankreas,dll.
            Sumber makanan yang mengandung mangan terdapat pada sayuran hijau, daging merah, buah-buahan, kacang-kacangan, polong-polongan. Kandungan yang terdapat didalamnya harus seimbang dengan makanan lainnya yang sama bergizi. Karena dari mangan ada kelebihan dan ada kekurangan.
Sumber:
  1. http://www.scribd.com/doc/55162837/makalah-mangan
  2. http://pituitaryjkt.wordpress.com/pituitary-info/
  3. Ilmugizi menjadi sangat mudah (EGC) 2008
  4. Sains dalam keperawatan .laurie cree,sandra rischniller
  5. http://chaidarwarianto.guru-indonesia.net/artikel_detail-45.html
  6. http://www.analisadaily.com/news/read/2011/08/29/10764/kenali_logam_dalam_tubuh_anda/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar